Mengapa Banyak Pelajar Indonesia Memilih Kuliah di Singapura?

singaporeAda puluhan pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan mereka ke Singapura setiap tahunnya. Berdasarkan informasi terpercaya, saat ini ada sekitar 24,000 mahasiswa Indonesia yang ada di Singapura. Hal ini disebabkan karena negara ini menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar dari Indonesia untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat, kemampuan, dan pengetahuan mereka. Lalu, apa yang menjadi alasan para pelajar sehingga tertarik untuk kuliah di negara ini?

Lokasinya yang tidak jauh dari Indonesia

Lokasi Singapura sangat berdekatan sekali dengan Indonesia, khususnya pulau Sumatera. Tak heran apabila ada banyak warga Batam atau Riau yang suka menyebrang ke negara tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh sebagian warga Singapura di akhir pekan. Mereka biasanya menghabiskan waktu liburan mereka di Batam untuk bersenang-senang. Jika menggunakan pesawat terbang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja. Itu artinya tidak perlu menunggu waktu yang lama dan menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Di samping itu, dengan jarak yang tidak terlalu jauh ini, tak heran apabila orang-orang yang baru berkunjung ke Singapura bisa pulang di hari yang sama ke Indonesia.

Banyak universitas ternama

Well, di negara ini ada banyak sekali universitas ternama yang juga termasuk sebagai universitas terbaik di dunia. Ada National University of Singapore yang pernah masuk ke 30 besar universitas terbaik di dunia tahun 2011 dan Nanyang Technological University yang berada di peringkat 61 universitas terbaik di dunia tahun 2014-2015. Di samping itu, ada juga universitas-universitas yang difavoritkan mahasiswa internasional, seperti Singapore Management University, Singapore Institute of Management, Singapore University of Technology and Design, Melior International College, Pioneer Junior College, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Universitas-universitas tersebut sudah meluluskan ribuan alumni yang saat ini sudah bekerja di department pemerintahan dan perusahaan swasta. Beberapa di antara mereka juga sudah menjadi selebriti atau orang ternama di negaranya. Hal ini menjadi bukti bahwa universitas-universitas di Singapura sudah berkualitas dan mampu bersaing dengan universitas-universitas dari negara lain.

Aman dan nyaman

Singapura adalah salah satu negara teraman dan ternyaman tidak hanya di Asia tapi juga dunia. Hal ini disebabkan karena peraturan dan hukuman tegas yang diterapkan oleh pemerintah di sana. Contohnya saja, apabila masyarakat membuang sampah sembarangan, mereka akan didenda sebesar 9 juta rupiah. Coba bayangkan kalo yang membuang sampah tersebut memiliki penghasilan kurang dari denda itu, sudah pasti tersangka akan stres berat. Btw, sebagai tambahan informasi mengenai peraturan di Singapura yang membuat lingkungan aman dan nyaman, ada beberapa contoh peraturan yang sebenernya sepele tapi apabila dilanggar, dendanya cukup besar, seperti makan dan minum di MRT (denda 3 juta), meludah sembarangan (denda 80 juta), menyebrang sembarangan (denda 500 ribu), download musik (denda 190 juta), tidak memakai seat belt (denda 1,2 juta), dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, masyarakat di sana sangat mematuhi peraturan dan menunjukkan kedisiplinan tinggi. Hal ini jugalah yang membuat negara ini aman dan nyaman.

Bagaimana dengan peraturan di dalam lingkungan pendidikan? Para pelajar dibebaskan untuk memilih sendiri kelas yang dianggap penting sehingga mereka tidak perlu mengikuti seluruh jam sekolah atau perkuliahan jika mereka inginkan. Mereka juga berhak untuk meninggalkan kelas apabila mereka menganggap bahwa tenaga pengajar tidak profesional. Di sinilah, mahasiswa internasional dituntut untuk mandiri dan mampu menentukan sikap. Oleh sebab itulah, banyak mahasiswa internasional yang menganggap bahwa Singapura adalah negara yang tepat untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan untuk belajar mandiri.

This entry was posted in Kuliah and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *