Kuliah ke Luar Negeri dengan Hemat Biaya, Bisakah?

Kuliah ke Luar Negeri dengan Hemat BiayaKuliah ke luar negeri, mengapa tidak? Setiap orang memiliki hak untuk bisa mengenyam pendidikan ke luar negeri. Fasilitas belajar yang modern, kurikulum yang berbasis internasional, & pengajar yang telah terlatih merupakan kriteria universitas di luar negeri sehingga menjadikan kamu sebagai lulusan yang berkualitas & berdaya saing. Ijazah dari universitas terkemuka di luar negeri membuat kamu mudah diterima bekerja. Pengetahuan yang telah didapatkan selama kuliah pun bisa kamu terapkan untuk menjadi job maker. Bukankah kuliah ke luar negeri butuh dana yang relatif mahal? Biaya bukanlah penghambat untuk bisa kuliah ke luar negeri. Ada beragam cara untuk hemat biaya ke luar negeri. Bagaimana?

Pilih negara dengan biaya hidup rendah

Ada banyak negara yang bisa dijadikan sebagai negara tujuan kuliah di antaranya Amerika, Australia, Malaysia, Singapura, dan lainnya. Kendatipun demikian, tidak semua negara patut dipilih sebagai negara tujuan kuliah utamanya jika punya dana terbatas. Sangat dianjurkan memilih negara dengan biaya hidup yang rendah. Mengapa? Pertama, terkadang biaya hidup yang harus dikeluarkan saat di luar negeri lebih tinggi dibanding biaya pendidikannya. Kedua, biaya hidup di suatu negara terkadang mempengaruhi biaya pendidikannya (meski kualitas universitas juga menjadi penentu besar kecilnya  biaya pendidikan). Negara mana saja yang memiliki biaya hidup rendah? Malaysia, salah satu negara dengan biaya hidup rendah karena 1 Ringgit Malaysia setara dengan 3.339 Rupiah Indonesia. Untuk per bulan biaya hidup lebih kurang 1,200 Ringgit Malaysia.

Cari beasiswa kuliah     

Dana minim bukan halangan untuk kuliah ke luar negeri karena tak sedikit beasiswa yang diberikan baik universitas maupun pemerintah luar negeri. Hanya saja, tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Hanya mereka yang memenuhi syarat dan lolos tes bisa mendapatkan beasiswa ini. Apa saja syarat-syaratnya? Nilai akademik yang bagus, prestasi non akademik yang membanggakan, punya nilai TOEFL/IELTS yang oke, dan masih banyak lagi. Tes yang diajukan biasanya tes tertulis dan wawancara. Berikut beberapa beasiswa berdasarkan negara tujuan kuliah:

  • Inggris: Erasmus Mundus, Chevening Scholarships, dsb
  • Amerika: Fulbright, Humphrey Fellowships, dsb
  • Australia: Australian Awards, Endeavour Scholarships and Fellowships, dsb
  • Singapura: APEC Scholarship, ASEAN Graduate Scholarship, dsb

Ikuti pathway program

Cara lainnya untuk bisa kuliah ke luar negeri dengan hemat biaya adalah dengan mengikuti pathway program. Apa itu pathway program? Pathway program merupakan program pendidikan di mana pelajar dapat memilih berapa lama kuliah ke luar negeri sesuai dengan budget. Program pendidikannya di antaranya 1+2, 1,5+1,5, 2+1, dan lain sebagainya. Maksudnya, 1+2 yakni 1 tahun kuliah di Indonesia dan 2 tahun di luar neger, begitu pula untuk program 1,5+1,5, 2+1, dan lain sebagainya. Menyenangkan bukan? Program ini ada karena universitas di Indonesia telah bekerjasama dengan universitas di luar negeri. Raffles College, salah satu lembaga pendidikan yang menawarkan pathway program.

Jalani pekerjaan paruh waktu

Menjalani pekerjaan paruh waktu, salah satu upaya yang bisa dilakukan agar biaya kuliah di luar negeri menjadi lebih hemat. Pemerintahan luar negeri justru sangat menganjurkan pelajar internasional yang ingin menjalani pekerjaan paruh waktu sebagai cara untuk membiayai kuliah. Beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa dipilih: pelayan restoran, penjaga toko buku, penulis lepas, guru les, dan lain sebagainya. Hanya saja, kamu harus cerdas dalam membagi waktu. Jangan sampai terlalu fokus dengan pekerjaan paruh waktu hingga tugas kuliah terbengkalai. Tips lainnya adalah pilih pekerjaan paruh waktu yang sesuai passion agar lebih enjoy dalam menjalankannya. Bisa juga berdasarkan jurusan kuliah sekaligus cari pengalaman.

This entry was posted in Kuliah Luar Negeri, Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *