3 Langkah Dasar Memperoleh Beasiswa S1

Melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi sangat penting dipertimbangkan di zaman seperti sekarang. Pasalnya, lowongan pekerjaan yang diberikan oleh BUMN atau perusahaan swasta mayoritas mensyaratkan para pelamar memiliki latar belakang pendidikan sarjana. Sayangnya, biaya kuliah mahal apalagi untuk universitas berkelas dengan peringkat A BAN-PT atau universitas luar negeri. Belum lagi kenaikan biaya pendidikan yang melebihi inflasi yakni sebesar 15% per tahun. Akan alasan ini, sebagian orang yang memutuskan tidak melanjutkan pendidikan usai memperoleh ijazah SMA/sederajat. Berharap agar Anda tidak patah semangat dengan mahalnya biaya kuliah karena ada solusi untuk masalah ini, salah satunya adalah memperolah beasiswa S1. Berikut 3 langkah dasar untuk memperoleh beasiswa S1:

langkah-dasar-memperoleh-beasiswa-s1Membuat target beasiswa

Untuk mempermudah Anda meraih beasiswa, awali dengan membuat target beasiswa. Ada banyak beasiswa S1 yang ditawarkan. Dilihat dari pemberinya, beasiswa S1 diberikan oleh pihak universitas, pemerintah, sampai perusahaan swasta. Masing-masing beasiswa menawarkan syarat yang berbeda-beda. Ketika telah menentukan beasiswa yang diincar, Anda bakal mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi persyaratan tersebut. Jika bingung membidik beasiswa S1, ikuti tips-tips berikut:

  • Sesuaikan dengan minat & bakat. Anda bukan hanya mengambil jurusan akuntansi di SMK melainkan juga memiliki minat & bakat yang tinggi dalam akuntansi. Kalau begitu, jadikan beasiswa STIE Trisakti (TSM) sebagai target beasiswa Anda. Tidak perlu pikir panjang lagi karena jurusan S1 Akuntansi di STIE Trisaksi (TSM) memiliki akreditasi A sehingga Anda cukup diprioritaskan saat melamar pekerjaan nantinya.
  • Pertimbangkan bantuan dana yang diterima. Ada jenis beasiswa yang hanya memberikan potongan biaya masuk kuliah, ada jenis beasiswa yang membebaskan seluruh biaya pendidikan mulai dari biaya pendaftaran sampai dengan wisuda (maksimal 4 tahun), dan ada pula jenis beasiswa yang tidak hanya memberikan biaya pendidikan tetapi juga biaya hidup (akomodasi, transportasi, makan/minum, dll). Namun perlu diketahui bahwa semakin banyak bantuan yang ditawarkan akan semakin ketat seleksinya.

Menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan

Apabila telah menemukan beasiswa yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan syarat-syarat agar bisa meraih beasiswa tersebut. Masing-masing beasiswa tentunya menawarkan syarat yang berbeda, tapi secara umum berikut 2 syarat beasiswa S1:

  • Prestasi yang cemerlang saat di SMA/sederajat. Rata-rata beasiswa S1 umumnya mensyaratkan bahwa pelamarnya harus memiliki prestasi (akademik atau non-akademik) yang cemerlang saat menjadi pelajar SMA/sederajat. Untuk itu, Anda harus tekun belajar sedari sekarang & mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dengan sungguh-sungguh agar bisa meraih prestasi sehingga bisa masuk kuliah lewat jalur beasiswa.
  • Berkelakuan baik. Bukan hanya berprestasi, melainkan juga pemberi beasiswa juga umumnya mensyaratkan pelamarnya memiliki attitude yang baik. Makanya, jangan pernah membuat ulah di sekolah agar bisa direkomendasikan oleh pihak sekolah.

Mendaftar & mengikuti tes dengan baik

Beasiswa S1 tidak buka setiap waktu. Ada batasan waktu pendaftaran yang telah ditentukan oleh pemberi beasiswa. Untuk itu, update terus Info Beasiswa Terbaru agar tidak gagal sebelum berperang. Jika sudah ada pembukaan pendaftaran, sesegera mungkin mendaftar beasiswa yang sebelumnya telah ditargetkan. Selanjutnya, ikuti tes yang diadakan pemberi beasiswa dengan baik. Adapun tips sebelum mengikuti tes beasiswa S1:

  • Belajar TPA (Tes Potensi Akademik). TPA diadakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan calon penerima beasiswa. TPA sendiri biasanya terdiri atas tes gambar, tes angka, tes logika, dan verbal. Jika ingin lolos tes ini, Anda harus terus mempelajari, memahami, dan melatih diri menjawab soal-soal. Dalam hal ini, Anda bisa beli buku panduan atau ikuti kursus online.
  • Terapkan gaya hidup sehat. Kesehatan juga menjadi faktor yang sangat menentukan dalam pemberian beasiswa. Untuk itu, terapkan gaya hidup sehat sedari sekarang dengan menghindari rokok & alkohol, begadang, narkoba, melakukan olahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan yang sehat agar bisa lolos tes kesehatan.
This entry was posted in Beasiswa Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *